Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi siswa
sebelum menggunakan metode Quiz Team, Untuk mengetahui keterampilan
komunikasi siswa setelah menggunakan metode Quiz Team dan Untuk
mengetahui pengaruh metode Quiz Team pada keterampilan komunikasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun hasil penelitian
menunjukkan Kemampuan berkomunikasi siswa sebelum menggunakan metode
Quiz Team terlihat dari aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar selama
proses pembelajaran sangat rendah dimana 6 orang siswa telah memenuhi nilai
KKM dan 19 siswa belum memenuhi nilai KKM. dengan nilai rata-rata 65,96.
Kemampuan berkomunikasi siswa setelah menggunakan Metode Quiz Team
terlihat dari aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar sesudah menggunakan
metode Quiz Team selama proses pembelajaran sudah meningkat dimana semua
siswa telah memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata 90,68. Terdapat pengaruh
metode Quiz Team terhadap kemampuan berkomunikasi siswa.