Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung siswa pada
materi pembelajaran matematika, dan kurang tepatnya guru dalam menggunakan
media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa.
Populasinya adalah siswa kelas III-C SD Al-Ittihadiyah yang terdiri dari satu
kelas. Pengambilan sampel dilakukan pada kelas III-C yang berjumlah 32 Siswa.
Variabel bebas adalah media pembelajaran papan pintar, variable terikat adalah
meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui : (1) kelayakan, (2) kepraktisan dan (3) keefektifan dari media papan
pintar dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa di sekolah dasar. Model
pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan
4D yang terdiri dari 4 Tahapan yaitu (1) define atau pengendefinisian; (2) design
atau perancangan; (3) develop atau pengemabngan; (4) disseminate atau
penyebaran. Hasil validasi terhadap media pembelajaran papan untuk
meningkatkan kemampuan berhitung siswa untuk ahli materi 83,6% untuk
validasi ahli desain 100% untuk validasi ahli bahasa 100%. Artinya media
pembelajaran papan pintar untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa
berada pada kategori valid. Hasil keperaktisan media pembelajaran papan pintar
untuk respon siswa diperoleh 100% artinya media pembelajaran papan pintar
berada pada kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran papan pintar untuk meningkatkan kemampuan berhitung
dikelas III SD Al-Ittihadiyah telah dinyatakan valid dan praktis.