Abstract:
Program ini bertujuan untuk
meningkatkan brand awareness di daerah Sumatera Selatan karena di daerah
tersebut pelanggan Telkomsel sangat rendah pengetahuannya tentang produk dari
Telkomsel yaitu Maxstream. Dalam program ini, Tim Digione bekerjasama
dengan kampus Bina Darma Palembang karena target dari program ini adalah
mahasiswa yang ingin menambah kemampuan dalam bidang jurnalistik, teknik
pengambilan gambar, dan sinematografi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi pemanfaatan Program Digione Maxstream Videography Class
sebagai media komunikasi pemasaran digital Telkomsel Sumatera. Dalam hal ini
peneliti menggunakan beberapa teori yang relevan dengan penelitian ini seperti
komunikasi pemasaran, soft selling, dan new media. serta menggunakan metode
penelitian kualitatif. Jenis penelituan ini ialah dengan menggunakan wawancara,
yaitu mengajukan beberapa pertanyaan terhadap narasumber yang berkaitan
dalam penelitian. Narasumber yang diwawancara dalam penelitian ini terdiri dari
satu orang karyawan atau pihak penyelenggara, satu orang pemateri, dan dua
orang peserta kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini, strategi yang digunakan oleh
tim Digione adalah softselling, di mana pelatihan yang diberikan secara tidak
langsung bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta mengenai
aplikasi Maxstream dan agar para peserta menjadi pengguna aplikasi Maxstream.
Dalam pelaksanaannya, Tim Digione terkendala oleh jarak dan media pelatihan,
di mana kelas ini harus berlangsung secara daring dari jarak jauh karena masih
dalam masa pandemi. Tetapi program ini tetap berlangsung dengan lancar dan
berhasil melakukan pemasaran secara soft selling terhadap para peserta.