Abstract:
Tidak hanya di kota metropolitan tetapi sudah merambah sampai kota kecil di tanah
air. Seperti halnya plaza, plaza atau pusat perbelanjaan merupakan suatu kompleks
bangunan komersil yang dirancang dan direncanakan beserta retail-retail dan fasilitas
pendukungnya untuk memberikan kenyamanan dalam aktifitas perdagangan yang
diwadahinya. Aktifitas perdagangan dalam pusat perbelanjaan modern ini tidak
disertai tawar menawar barang seperti halnya pasar tradisional. Pusat perbelanjaan
modern merupakan pusat perbelanjaan dengan sistem pelayanan mandiri atau dilayani
pramuniada, menjual berbagai jenis barang secara eceran.Pusat perbelanjaan modern
biasanya terdiri dari kios-kios yang disewakan kepada pelaku usaha. Pengertian dari
pusat perbelanjaan adalah kompleks toko ritel dan fasilitas yang direncanakan sebagai
kelompok terpadu untuk memberikan kenyamanan berbelanja yang maksimal kepada
pelanggan dan pentaan barang dagangan yang terekspose secara maksimal. Daya tarik
internal di Plaza Kabanjahe dimana mereka mendatangi Plaza Kabanjahe adalah
Ponsel. Dikarenakan juga lewat dari setengah dari keseluruhan kios yang ada di Plaza
Kabanjahe adalah kios ponsel. Daya tarik eksternal didapatkan untuk lokasi
strategis 67%, dekat dari rumah 83 %, kenyamanan berbelanja 87%, layak tidaknya
parkir 100%, harga yang dijual di Plaza Kabanjahe murah, 73%. Rata-rata
pengunjung Plaza
Kabanjahe ditahun 2021 dalam sebulan yaitu 4923 orang. Dan dari analisis
menggunakan metode linier berganda didapatlah kesimpulan sebagai berikut F hitung
(0,15) ≤ F tabel (3,09) = H0 Diterima Disimpulkan bahwa harga dan daya tarik tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen yang berkunjung ke Plaza
Kabanjahe.