Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward, kemampuan
kerja dan pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi guru di Perguruan Al
Washliyah Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 310 orang guru
di Perguruan Al Washliyah kota Tebing Tinggi, sedangkan sampel penelitian ini
sebanyak 76 orang guru. Metode penelitian ini adalah kuantitatif yaitu metode
penelitian yang lebih menuju kepada aspek pengukuran secara objektif terhadap
fenomena sosial. Teknik analisa data penelitian ini adalah uji keandalan angka, uji
asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial reward
berpengaruh terhadap motivasi berprestasi guru. Besarnya pengaruh reward
terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2
yakni 0,121 atau
12,1 %. Ini berarti pengaruh reward terhadap motivasi berprestasi sebesar 12,1%
sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. parsial kemampuan kerja
berpengaruh terhadap motuvasi berprestasi. Besarnya pengaruh reward terhadap
motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R
2
yakni 0,0,063 atau 6,3 %. Ini
berarti pengaruh kemampuan kerja terhadap motivasi berprestasi sebesar 6,3%
sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. pengaruh pemberdayaan
terhadap motivasi berprestasi ini ditunjukkan dengan nilai R2
yakni 0,036 atau 3,6
%. Ini berarti pengaruh pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi sebesar 3,6%
sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.