Abstract:
Efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari aktifitas siswa selama
pembelajaran berlangsung, dimana Proses belajar mengajar dikatakan efektif
apabila pembelajaran tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan serta siswa
dapat menyerap materi pelajaran dan mempraktekkannya. Berdasarkan uraian ini,
focus penelitian ini yakni efektifitas pembelajaran daring menggunakan media
online yang berdampak pada prestasi belajar siswa SMK Negeri 4 Kota Tebing
Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang secara
spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode campuran. Pendekatan
kualitatif dalam penelitian ini adalah bersifat primer, sedangkan pendekatan
kualitatif bersifat skunder. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan
wawancara, dokumentasi dan observasi.Analisis data kuantitatif dilakukan untuk
mendukung temuan penelitian ini. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik
analisis statistic. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi pembelajaran
daring di SMK Negeri 4 Kota Tebing Tinggi ada kemudahan atau kelebihan
dimana menjadi kelebihan yakni Proses pembelajaran dapat dilakukan dimana
saja dan kapan saja, guru dan siswa dapat menambah pengetahuannya mengenai
pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan dalam bidang pendidikan, guru
dan siswa memiliki sumber belajar yang sangat luas, menumbuhkan rasa mandiri
dan kesadaran siswa untuk belajar, serta siswa dapat memanfaatkan berbagai fitur
belajar online, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Sedangkan kendala
yang dihadapi dalam diantaranya penggunaan media daring memerlukan biaya
yang besar, kendala jaringan, cuaca dan lampu padam akan mengganggu jalannya
aktivitas pembelajaran, kuota internet, merupakan kendala yang cukup berat bagi
siswa, motivasi belajar siswa akan cenderung menurun jika guru dan orang tua
siswa tidak melakukan control siswa belajar dirumah secara intensif, dan
berkurangnya bimbingan dan interaksi antara guru dan siswa maupun siswa
dengan siswa.