Abstract:
Efektivitas pembelajaran daring dapat dilihat dari aktivitas siswa selama
pembelajaran berlangsung, respon siswa terhadap pembelajaran dan penguasaan
konsep siswa. Proses belajar mengajar dikatakan efektif apabila pembelajaran
tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan serta siswa dapat menyerap
materi pelajaran dan mempraktekkannya. Berdasarkan uraian ini, fokus penelitian
ini yakni manajemen pembelajaran daring berbasis Web yang ada di sekolah dan
terhadap hasil belajar siswa di MAN Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dan kuantitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada
penggunaan metode campurana. Sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui
angket dan dokumentasi hasil belajar siswa. Temuan penelitian secara kualitatif
dan kuantitatif menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran daring di MAN
Tebing Tinggi efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan
aspek perencanaan, menunjukan perencanaan pembelajaran daring dilaksanakan
dengan melibatkan semua guru. Kepala sekolah dan wakil kepala berfungsi
sebagai penanggung jawab dalam perencanaan dan mengontrol jalannya
pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MAN Tebing
Tinggi dilakukan dengan menggunakan E-learning, dan dalam pelaksanaannya
dapat dilakukan secara fleksibel. Mengingat sekolah belum dapat melakukan tatap
muka secara umum, maka kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat diberbagai
tempat, namun bagi guru tetap berada dilingkungan sekolah. Dalam penilaian atau
evaluasi, bahwa pengontrolan pembelajaran daring dapat telaksana dengan baik,
namun juga tidak menutup kemungkinan terdapat kendala dalam pelaksanaannya.
Hal ini dibatasi oleh pembelajaran yang tidak mempertemukan guru dan siswa
secara tatap muka. Sehingga guru kesulitan dalam mengontrol pembelajaran
siswa. Tidak hanya itu, bahkan guru beranggapan bahwa ketika murid sudah
membaca tugas yang diberikan dan telah membalas tugas tersebut, maka di
anggap bahwa siswa telah memahami pembelajaran tersebut. Selain itu bahwa
berdasarkan persepsi siswa bahwa manajemen pembelajaran daring di MAN
Tebing Tinggi memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa, yakni sebesar
9,8%. Meskipun nilai pengaruhnya dalam kriteria rendah