Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen dana BOS di SD
Negeri 163088 Tebing Tinggi ditinjau dari aspek (1) perencanaan, (2)
penggunaan, (3) pelaporan dan pertanggungjawaban, sehingga dana BOS mampu
mencapai tujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Pencapaian
tujuan mutu pembelajaran di sekolah tersebut mencakup pada capaian prestasi
siswa, peningkatan pengajaran guru dikelas dan sarana belajar di sekolah. Jenis
penelitian ini adalah kualitatif bersifat studi kasus. Hasil penelitian ini secara
umum menunjukkan bahwa (1) pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah di
SD Negeri 163088 Tebing Tinggi melalui proses manajemen yaitu tahap
perencanaan, pelaksanaan (pemanfaaatn dan penggunaan) dan pengawasan, (2)
penggunaan dana BOS di SD Negeri 163088 Tebing Tinggi sudah sesuai dengan
petunjuk teknis pengelolaan, namun alokasi dana pada tiap-tiap item sekolah
berbeda, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing- masing. Dana
BOS di SD Negeri 163088 Tebing Tinggi digunakan untuk pembelajaran praktek
dan prasarana penunjangnya, sarana kegiatan pembelajaran dan komponen lain
seperti honor guru ekstrakurikuler, kegiatan ujian, bahan ATK dan transportasi
yang berkenaan dengan peningkatan kualitas pendidikan. Sedangkan dana BOS di
SD Negeri 163088 Tebing Tinggi digunakan lebih diutamakan untuk penyediaan
sarana dan prasarana sekolah, perbaikan sarana dan prasarana, kegiatan
ekstrakulikuler, ujian, honor guru, bahan ATK dan transportasi, (3) Kualitas
pendidikan yang ada di SD Negeri 163088 Tebing Tinggi bisa dikatakan baik, hal
ini bisa dilihat pada masalah sarana dan prasarana sekolah yang dapat teratasi
dengan baik dengan tersedianya dana BOS, adanya guru ekstrakurikuler,
peningkatan nilai rata-rata pada tiap- tiap kelas, serta output 100% lulus UASBN
pada tiap tahunnya.