Abstract:
Pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 sekarang ini sudah
pasti menjadi tantangan tersendiri, mulai dari jumlah siswa yang dibatasi belajar
pada saat tatap muka disekolah sampai menjaga protokol kesehatan dimasa
pandemi Covid-19. Walaupun dengan keterbatasan tersebut, pembelajaran tatap
muka terbatas dimasa pandemi ini diharapkan terlaksana dengan efektif dan dengan
hasil yang maksimal. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui
Perencanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi,
Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi,
Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi penilitian studi
kasus yang berfokus pada paradigma yang bersifat naturalistic, holistic, kebudayan
dan fenomenologi. Adapun hasil temuan pada penelitian ini yaitu; 1). Pembelajaran
tatap muka terbatas di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi melibatkan guru, orang tua dan
siswa dalam merencanakan, pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Mengadopsi
atau menjadikan referensi dan mempublikasikan dokumen rencana dan jadwal
pembelajaran yang dipublikasikan pada portal Guru Belajar atau belajar.id. 2).
PTMT di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi mulai tanggal 1 September 2021
berdasarkan Surat Keputusan Bersama 4 menteri, dengan mematuhi prosedur
kesehatan pencegahan Covid-19. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tatap
muka terbatas di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi menggunakan metode pembelajaran
kombinasi antara Daring dan Luring, platform digital yang digunakan Google
Classroom, WhatsApp , Telegram, Youtube. Pembelajaran tatap muka terbatas di
SMK Negeri 3 Tebing Tinggi berdurasi 30 menit dengan pengurangan jumlah siswa
50% menjadi 355 orang. 3). Berupaya melakukan evaluasi atau refleksi dan
perbaikan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada lingkup
kelas/mata pelajaran