Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji srategi sekolah dalam pengelolaan
pembelajaran daring yang efektif di masa pandemic covid-19 di SMK Negeri 3
Tebing Tinggi. Permasalahan yang diteliti difokuskan pada bagaimana strategi
sekolah dalam mengelola pembelajaran daring yang efektif di masa pandemi covid 19 di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif.dalam proses pengumpulan data, penulis
menggunakan beberapa metode, yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara.
Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik deskriftif kualitatif,
yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data data terkait, baik yang
tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut, dimana
dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang
sebenarnya.sekolah membuat perencanan pembelajaran daring yang efektif untuk
dilaksanakan oleh guru-guru tata kecantikan kulit dan rambut/ Sekolah melakukan
upgrading kepada guru-guru agar dapat melakukan pembelajaran yang efektif di
masa pandemi covid-19. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perencanan yang
dilakukan Sekolah untuk pembelajaran daring yang efektif dimasa pandemi covid 19 dirasa efektif, dikarenakan siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan
baik. Hal tersebut tidak lepas dari strategi sekolah dalam merencanakan
pembelajaran dengan menerapkan metode-metode pembelajaran penggunaan
aplikasi online seperti google form, zoom meeting, google classroom, dan ketika
pembelajaran zoom, guru memberikan materi dengan menarik dengan pemberian
kuis, dan ice breaker pada pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak bosan.