Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
motivasi, pengaruh komunikasi terhadap kepuasan kerja, pengaruh stress
kerja terhadap kepuasan kerja. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh pegawai PT. Bank Tabungan Negara Tbk
Medan yang berjumlah 60 pegawai. Jumlah sampel yang digunakan pada
penelitian ini berjumlah 60 pegawai dengan menggunakan metode sampel
jenuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu
dengan cara penyebaran kuesioner/angket skala pengukuran yang
digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan
metode statistik. Metode statistik yang digunakan adalah Statistical
Program For Sosial Science (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan,
pengaruh komunikasi terhadap kepuasan kerja tidak berpengaruh
signifikan, pengaruh stress kerja terhadap kepuasan kerja berpengaruh
signifikan.