Abstract:
Komunikasi organisasi adalah suatu komunikasi yang terjadi dalam suatu
organisasi tertentu. Salah satu organisasi pemerintahan yang tentunya memiliki
pegawai dalam melayani berbagai bidang pelayanan yaitu adalah Dinas
Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. Diyakini ada pegawai yang tidak memiliki
kinerja yang baik, pelayanan yang lambat, dan pekerjaan yang menumpuk
sehingga ini yang harus dibenahi terutama dalam pengelolaan komunikasi
organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan komunikasi
organisasi di Dinas pendidikan Provinsi Sumatera Utara dalam meningkatkan
efektifitas kinerja pegawai. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu
melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengelolaan komunikasi organisasi di Dinas Pendidikan
Provinsi Sumatara Utara khususnya di Bidang Umum dan Kepegawaian dalam
meningkatkan efektifitas kinerja pegawai yaitu komunikasi yang dilakukan
menggunakan komunikasi vertikal (atasan dan bawahan) dan komunikasi
horizontal (bawahan dan bawahan). Komunikasi dilakukan secara langsung dan
juga menggunakan Whatsapp baik melalui chat pribadi dan melalui Whatsapp
group. Pengelolaan komunikasi organisasi yang telah diterapkan berdampak baik
bagi Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara khususnya pada bagian Umum
dan Kepegawaian karena mampu meningkatkan kualitas kerja, ketepatan waktu,
dan efektifitas dalam sebuah pekerjaan, sehingga kinerja pegawai akan lebih
meningkat dan tentunya dapat berprestasi akan kinerja yang telah dilakukan dan
diterapkannya.