Abstract:
PT. Timah Tbk adalah salah satu perusahaan pertambangan milik negara yang
bergerak dalam mengolah bijih logam timah terkemuka di dunia dibawah naungan
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia. Perusahaan
pertambangan erat kaitannya dengan bagaimana sebuah badan instansi mengolah serta
memproduksi hasil kekayaan alam suatu daerah dengan menggunakan teknologi yang
muktahir selama proses produksinya, bahkan kerap berhubungan dengan lingkungan
pemukiman masyarakat. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi PT. Timah Tbk dalam
mengelola kekayaan alam di bumi pertiwi dengan bijak dan tetap memperhatikan
lingkungan dengan melakukan berbagai “edukasi” baik melalui reklamasi lingkungan
maupun edukasi yang dapat meningkatkan citra positif PT. Timah Tbk terhadap
masyarakat. Untuk mencapai itu semua diperlukan strategi dan peran dari social
media analyst untuk mengatur strategi konten serta manajemen konten yang relevan
bagi perusahaan pertambangan untuk terus membuat citra positif melalui konten di
social media perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif cara mengumpulkan data memalui
wawancara dan dokumentasi, Adapun narasumber dari penelitian ini adalah Social
Media Analyst Corporate Communication yang membantu penulis dalam penulisan
skripsi ini. Bentuk pemaparan yang disampaikan oleh narasumber merupakan bentuk
dari bagaimana sebuah konten yang relevan untuk dapat dipublikasikan kepada public
dengan konten yang positif sehingga public yakin bahwa dengan tata kelola media
social yang baik merupakan wujud nyata bagaimana komitmen PT. Timah Tbk dalam
memproduksi serta mengolah hasil olahan sumber kekayaan alam khusunya di
wilayah operasional perusahaan dengan tetap memperhatikan kepedulian serta aksi
positif yang manfaat nya dapat dirasakan tidak hanya oleh perusahaan itu sendiri
dalam meraup keuntungan, namun untuk masyarakat yang tinggal di wilayah
operasional perusahaan dan juga public khususnya pengguna media social melalui tata
kelola dan strategi manajemen konten yang baik dan relevan.