Research Repository

Penerapan Bidang Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Self-Regulation Dalam Proses Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Endah Hari Utari
dc.date.accessioned 2020-03-05T09:37:59Z
dc.date.available 2020-03-05T09:37:59Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2010
dc.description.abstract Bimbingan belajar yaitu bimbingan yang diarahkan untuk membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan dalam belajar, dan memecahkan masalah-masalah belajar. Pengembangan pemahaman dan keterampilan siswa dalam belajar sangat penting, contohnya seperti siswa yang mempunyai pemahaman dalam belajar sangat baik dan mendalam sangat menguntungkan bagi siswa tersebut. Begitu juga dengan siswa yang memiliki keterampilan yang baik (skill). Dengan adanya pemahaman dan keterampilan siswa dalam belajar dapat membedakan siswa dengan siswa lainnya yang tidak memiliki kemampuan ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Self-regulation dalam proses belajar siswa.. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017, yang berlamat berada di JL. Pelajar No. 69 Medan, Telp. (061) 7342964 Kecamatan Medan Kota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif kualitatif dengan Populasi dan Sampel penelitian adalah: siswa kelas VIII untuk dapat meningkatkan Self-regulation dalam proses belajar siswa. Proses pengambilan data dilakukan selama dua minggu yakni pada bulan Februari 2017, dengan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan: penerapan bidang bimbingan belajar untuk meningkatkan Selfregulation dalam proses belajar siswa yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling sudah berjalan dengan optimal. Siswa bisa mengatur belajarnya setelah diberikan Layanan Informasi oleh guru bimbingan dan konseling sudah benar mengalami perubahan dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan. en_US
dc.subject Bimbingan Belajar en_US
dc.subject Self-Regulation en_US
dc.title Penerapan Bidang Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Self-Regulation Dalam Proses Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account