Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Materi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel SMP Swasta PAB 1 Klumpang yang memenuhi
kriteria sangat valid.
Model pengembangan yang digunakan yaitu 4-D yang meliputi pendefinisian
(define), perancangan (design), pengembangan (development),dan penyebarluasan
(desseminate). Namun peneliti hanya sampai tahap pengembangan (development).
Dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD adalah angket
penilaian RPP, penilaian oleh ahli media, penilaian ahli materi, dan penilaian
angket respon peserta didik.. Berdasarkan hasil dari penilaian validator Lembar
Kerja Peserta Didik diperoleh nilai dari ahli media sebesar 85,2 % dengan kriteria
sangat valid, penilaian oleh ahli materi diperoleh sebesar 9,42 % dengan kriteria
sangat valid, penilaian angket respon peserta dididik diperoleh 88,25 % termasuk
dalam ranah sangat positif dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh
sebesar 85,75 % dengan kategori sangat valid.