Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan serta evaluasi pada program tahfidz Al-Quran di SMP Al-Hikmah Marelan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dari
penelitian ini antara lain adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek dalam penelitian
ini adalah guru bidang studi hafizh Quran. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Handphone, lambar instrument wawancara, dan alat tulis. Hasil Peneltian menunjukkan
bahwa 1) Perencanaan Program tahfidz Al-Quran dapat dilihat dalam tahfidz SMP Al Hikmah dalam menentukan sasaran, menetapkan tujuan, menetapkan strategi tahfidz,
merumuskan serta menetapkan metode tahfidz dan mengadakan evaluasi perencanaan. 2)
Pengorganisasian Program tahfidz Al-Quran SMP Al-Hikmah Medan Marelan membangun
hubungan antara yayasan dan guru-guru serta wali murid terlasana dengan baik,sehingga
hubungan atau komunikasi yang dilaksanakan secara formal maupun non formal akan
memudahkan guru-guru dalam memahami perilaku siswa-siswi untuk menghafal Al-Quran. 3)
Pengarahan guru-guru terhadap Program Tahfidz Al-Quran di SMP Al-Hikmah Marelan
antara lain membangun hubungan kerjasama antara yayasan dengan kepala sekolah dalam
memotivasi, mengarahkan serta menjalin komunikasi tanpa batas dalam pelaksanaan tahfidz
Al-Quran terhadap guru-guru. 4) Evaluasi Program tahfidz terhadap Program Tahfiz Al Quran di SMP Al-Hikmah Medan Marelan dalam merealisasikan program tahfidz Al-Quran
telah menerapkan fungsi evaluasi.