Research Repository

Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Tejnik Diksusi untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah di MTs Al Jamiyatul Washliyah Tembung

Show simple item record

dc.contributor.author Utari, Dede
dc.date.accessioned 2020-03-05T09:29:01Z
dc.date.available 2020-03-05T09:29:01Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2005
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningakatkan karakter peduli lingkungan sekolah di kelas VII MTs Al Jamiyatul Washliyah Tembung. Objek dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah 4 kali melakukan bimbingan kelompok, terlihat ada perubahan dari objek peneliti yang semula tidak peduli terhadap lingkungan dan meningkat ke arah peduli lingkungan. Dari hasil analisis data dengan menggunakan observasi dan wawancara meningkatkan karakter peduli lingkungan sekolah kelas VII yang telah di capai mendapat perubahan dengan penerapan layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian penerapan layanan bimbingan kelompok tekhnik diskusi dapat meningkatkan karakter peduli lingkungan sekolah kelas VII di MTs Al Jamiyatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dengan adanya perubahan pada setiap pertemuan yang mengarah kepada meningkatkan karakter peduli lingkungan sekolah. en_US
dc.subject Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Karakter Peduli Lingkungan Sekolah en_US
dc.title Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Tejnik Diksusi untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah di MTs Al Jamiyatul Washliyah Tembung en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account