Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Desa Kedai Durian
terkait wacana pembelian pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina. Persepsi
adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan yang diperoleh dengan
menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Selain itu, persepsi memberikan
makna inderawi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Narasumber penelitian terdiri dari tujuh narasumber, yaitu masyarakat Desa Kedai
Durian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
Reduksi Data , Pengumpulan Data, Penyajian Data, Penarikan kesimpulan,
evaluasi. Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi masyarakat Desa Kedai
Durian terkait wacana pembelian pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina
kurang diterima dengan baik. Dari enam orang narasumber penelitian ini, hanya
tiga orang narasumber yang menggunakan aplikasi MyPertamina. Dimana dua
orang narasumber tersebut menyatakan bahwa penggunaan aplikasi MyPertamina
ribet dan dirasa kurang efektif ketimbang dengan dilakukan melalui pembayaran
tunai.