Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Imlementasi Strategi Ekspositori Yang Diterapkan Di Pendok Pesantren Miftahul Husna Tembung (2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi ekspositori dalam meningkakan kualitas bacaan siswa kelas XI di Pendok Pesantren Miftahul Husna Tembung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini terdiri dari: 1) Data primer, dari kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam, 2) data sekunder, dari bahan kepustakaan, penelitian relevan, dan dokumentasi terkait. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi yang peneliti lakukan selama 7 bulan mulai dari Maret sampai Agustus 2022. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi ekspositori terlaksana di Yayasan Miftahul Husna Tembung. Meningkatkan kualitas bacaan Al-qur’an siswa di kelas XI Madrasah Aliah. Mengingat sedikit siswa yang mengusai bacaan yang baik dan benar namun menjadi bertambah jumlah siswa yang baik dalam membaca Al-Qur’a. Adapun faktor pendukung guru dalam penerapan strategi ekspositori adalah dukungan penuh dari kepala sekolah, kualitas guru yang baik dan kompeten. Serta faktor penghambat guru dalam penerapan strategi ekspositori adalah kurang kemauan dari diri siswa itu sendiri, terbatasnya waktu, serta pengaruh dari lingkungan masyarakat. Manfaat dari penlitian ini adalah dapat mengetahui keunggulan menggunakan strategi ekspositori dalam peningkatakan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa.