Research Repository

PENGEMBANGAN MEDIA SPINNING WHEEL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDS AL – WASHLIYAH 25

Show simple item record

dc.contributor.author CHAIRINA, INA
dc.date.accessioned 2022-12-01T05:07:35Z
dc.date.available 2022-12-01T05:07:35Z
dc.date.issued 2022-12-01
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20016
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terciptanya daya tarik peserta didik pada pembelajaran tematik. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara pada guru kelas VI B, bahwa pendidik hanya memanfaatkan sumber dan media pembelajaran yang minim berupa buku paket dan media sederhana. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan daya tarik peserta didik yaitu berupa media visual yang kreatif dan inovatif. Media spinning wheel merupakan media pembelajaran edukasi yang dapat memacu peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengolah kevalidan media spinning wheel terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran tematik di kelas IV SDS AL-WASHLIYAH 25 Medan. 2) mengolah kepraktisan media spinning wheel terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran tematik di kelas IV SDS AL-WASHLIYAH 25 Medan. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Sugiyono (2017). Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli media serta respon peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang disusun dalam bentuk cheklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis kevalidan, media pembelajaran spinning wheel dapat dikategorikan sangat valid. Hasil persentase media pembelajaran dari ahli media 100% dan penilaian dari ahli materi 85%. Hasil uji coba respon peserta didik diperoleh persentase 89% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran tematik. Penilaian hasil pada keterampilan berbicara juga memperoleh persentase awal 60% dan persentase akhir 85%, sehingga terlihat sebuah peningkatan terhadap keterampilan berbicara peserta didik sebelum dan setelah pengembangan media spinning wheel pada proses pembelajaran tematik. en_US
dc.subject Media Spinning Wheel en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.subject Pembelajaran tematik en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA SPINNING WHEEL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDS AL – WASHLIYAH 25 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account