Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terciptanya daya tarik peserta
didik pada pembelajaran tematik. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara
pada guru kelas VI B, bahwa pendidik hanya memanfaatkan sumber dan media
pembelajaran yang minim berupa buku paket dan media sederhana. Maka dari itu
diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan daya
tarik peserta didik yaitu berupa media visual yang kreatif dan inovatif. Media
spinning wheel merupakan media pembelajaran edukasi yang dapat memacu
peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah:
1) mengolah kevalidan media spinning wheel terhadap keterampilan berbicara
pada pembelajaran tematik di kelas IV SDS AL-WASHLIYAH 25 Medan. 2)
mengolah kepraktisan media spinning wheel terhadap keterampilan berbicara pada
pembelajaran tematik di kelas IV SDS AL-WASHLIYAH 25 Medan.
Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Sugiyono
(2017). Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli media
serta respon peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui
kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang disusun dalam bentuk
cheklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan analisis kevalidan, media pembelajaran spinning wheel dapat
dikategorikan sangat valid. Hasil persentase media pembelajaran dari ahli media
100% dan penilaian dari ahli materi 85%. Hasil uji coba respon peserta didik
diperoleh persentase 89% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan pada
proses pembelajaran tematik. Penilaian hasil pada keterampilan berbicara juga
memperoleh persentase awal 60% dan persentase akhir 85%, sehingga terlihat
sebuah peningkatan terhadap keterampilan berbicara peserta didik sebelum dan
setelah pengembangan media spinning wheel pada proses pembelajaran tematik.