Abstract:
Tujuan
penelitian ini adalah untuk memahami makna tanda dalam scene yang
mengandung nasionalisme pada pendekatan Semiotika Charles Sanders Pierce
pada iklan Djarum 76 edisi “Dirghayu Indonesia Ke – 76”. Tujuan penelitian ini
adalah untuk memberi tau kepada penonton iklan perihal makna tanda dalam
scene nasionlisme pada iklan Djarum 76 edisi “Dirgahayu Indonesia Ke – 76”.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Analisis data dalam iklan ini
menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Pierce,
dimana analisis pada peneliltian ini menekankan pada pemecahan makna pada
tiga element utama sign/representamen (tanda), object (objek), interpretant
(interpretan). Hasil yang diperoleh peneliti berkaitan dengan makna tanda dalam
scene yang berbau nilai nasionalisme pada iklan Djarum 76 edisi “Dirgahayu
Indonesia Ke – 76” peneliti menemukan adanya nilai nasionalisme pada iklan
agar masyarakat yang melihatnya lebih terpacu lagi untuk meningkatkan rasa
nasionalisme.