Abstract:
PT Pelindo Multi Terminal adalah anak perusahaan BUMN PT Pelabuhan
Indonesia (Persero) yang mengelola insentitas bisnis kepelabuhanan di bidang
operasi terminal multipurpose di Indonesia, seperti curah air, curah kering, kargo
umum, dan lain sebagainya. Perusahaan mengalami perkembangan akibat
pesatnya teknologi komunikasi sangat penting dalam berorganisasi, walaupun
komunikasi penting dalam semua tingkat manajemen tetapi memiliki maksud
sebagai sarana memadukan aktivitas-aktivitas dalam berorganisasi atau sarana
penghubung antar orang didalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perubahan-perubahan untuk melakukan
suatu tindakan dan mencapai kesejahteraan perusahaan. Misalnya untuk
mengetahui tentang keuangan serta informasi-informasi tentang daur usaha dan
aktivitas perusahaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah
bagaimana pola komunikasi organisasi yang dilakukan, faktor yang
mempengaruhi, kendala-kendala yang dihadapi pada PT PELINDO MULTI
TERMINAL. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pola komunikasi, faktor yang mempengaruhi, kendala-kendala yang dihadapi.
Metode pengolahan data yang dilakukan adalah analisisi kualitatif yaitu data yang
tidak berbentuk angkaangka, pengolahan data ini melalui tiga proses yaitu reduksi
data, penguji data dan penarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dalam pelaksanaan pola komunikasi organisasi di PT PELINDO MULTI
TERMINAL Office sudah baik yaitu telah melaksanakan tahap-tahap dalam pola
komunikasi organisasi pada umumnya, yaitu meliputi pola komunikasi yang
dilakukan, faktor-faktor yang mempengaruhi dan kendala-kendala yang dihadapi,
walaupun masih ada kekurangan dalam penerapan yang dilakukan di perusahaan,
tetapi pola komunikasi organisasi di perusahaan sudah berjalan dengan baik.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pola komunikasi organisasi
di PT PELINDO MULTI TERMINAL, meliptui pola komunikasi yang dilakukan,
faktor-faktor yang mempengaruhi, dan kendala-kendala yang dihadapi. Saran
penulis dalam hal ini agar penerapan pola komunikasi di PT PELINDO MULTI
TERMINAL harus lebih bermusyawarah dan tidak bersifat individual dalam
penyampaian usulan atau ide yang membangun guna pencapaian tujuan
perusahaan dan sarana dan prasarana pengembangan harus lebih ditingkan guna
meningkatkan kualitas karyawan dalam bekerja.