Abstract:
Manajemen Pemasaran merupakan salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan- nya,
untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh
sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan.
Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen
jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan
yang lebih baik terhadap perusahaan. penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah semua metode yang meneliti status
kelompok manusia. Suatu obyek kondisi, suatu pemikiran kelas peristiwa pada masa
sekarang. Tujuannya adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara
sistimatis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara
penomena-penomena yang diselidiki. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dapat
disimpulkan bahwa terdapat beberapa indikator yang dapat memenuhi strategi untuk
meningkatkan penjualan yaitu dengan mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman yang di hadapai oleh rumah produksi kain tenun tradisional di
Sentra Industri Kecil Kain Tenun, Manik-Manik dan Keramik Kelurahan Baringin,
Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan.