Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode pada
pembelajaran akidah akhlak, mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam
menggunakan metode pembelajaran akidah akhlak dan solusi yang digunakan pada
pelaksanaan metode dalam pembelajaran akidah akhlak di SMP Yaspend An Naas Binjai.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam di SMP Yaspend
An-Naas Binjai. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi,
wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan
menggunakan metode non statistik yang meliputi pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan teknik
kredibilitas dengan strategi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan
trigulasi teknik. sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode dalam
pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Yaspend An Naas Binjai, yaitu
metode ceramah, metode kerja kelompok, metode tanya jawab, metode drill (latihan),
metode pemberian tugas. Dalam penerapan metode ceramah guru menggunakan suara
yang bervariasi. Metode drill, siswa mengikuti apa yang dilafalkan oleh guru. Metode
kerja kelompok guru memberikan tugas untuk dikerjakan secara bersama-sama. Metode
pemberian tugas, guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. Metode tanya
jawab, dilakukan antara guru dengan siswa ataupun sebaliknya.