Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan manajemen mutu
terpadu aspek kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP
Negeri 7 Tebing Tinggi dan untuk mengetahui bagaimana penerapan
manajemen mutu terpadu pada aspek pengendalian dalam meningkatkan mutu
pendidikan di SMP Negeri 7 Tebing Tinggi. Pendekatan penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Sebagaimana Moelong (2012: 4) metodologi kualitatif
sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Pengumpulan data adalah merupakan langkah yang harus diadakan setiap
penelitian kualitatif, sebab desain penelitian dengan metode pendekatan
seperti ini membutuhkan perhatian serta tingkat kejelian dalam menemukan
masalah dan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk
mewujudkan SMP Negeri 7yang perlu berbagai program yang dapat
diimplementasikan di lapangan, sehingga SMP Negeri 7 Tebing Tinggi diakui
sebagai lembaga yang mampu menampilkan kinerja yang optimal, produktif
serta efesien sebagai institusi pendidikan. Untuk tercapainya peningkatan
mutu pendidikan dan layanan yang cepat, tepat dan efesien perlu terus
diusahakan adanya keteladanan, kesadaran dan kerjasama yang baik dari
masing-masing jajaran SMP Negeri 7 Tebing Tinggi,bahwa apapun yang ada
di SMP Negeri 7 Tebing Tinggi harus menjadi yang terbaik. Rencana
Strategis SMP Negeri 7 Tebing Tinggi harus memiliki peran dan fungsi yang
sangat sentral dan strategis dalam pembenahan, pendayagunaan, pemantapan
dan pembudayaan kinerja organisasi dan manajemen yang berbasis wilayah
dan budaya demi tercapainya visi dan misi yang telah ditetapkan.
Keberhasilan dan ketercapaian rencana strategis harus dapat dilihat dari hasil
lulusan (outcome) siswa yang menjadi alumni SMP Negeri 7 Tebing Tinggi
baik dalam jenjang pendidikan berikutnya maupun kemandirian dalam
berkarya.