Abstract:
Adapun yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai Penerapan
Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kemampuan Kerjasama
Siswa Dalam Belajar Dikelas SMP Negeri 1 Bambel (Kutacane) berjalan dengan
baik. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimbingan
konseling, serta siswa yang memiliki masalah terhadap kemampuan kerjasama
dalam belajar dikelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan
kualitatif berupa observasi dan wawancara. Dari hasil analisa data dengan
mengunakan observasi, Peningkatan Kemampuan Kerjasama Siswa Dalam
Belajar Dikelas telah dapat dicapi dengan melalui layanan bimbingan kelompok
dengan masukan ataupun dorongan-dorongan yang diberikan oleh guru bimbingan
dan konseling. Dengan mengunakan layanan bimbingan kelompok siswa yang
kurang terbuka, toleransi dan hanya mementingkan diri sendiri kini mulai mampu
meningkatkan sikap sosialnya kepada teman sekelasnya sehingga Peningkatkan
Kemampuan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Dikelas VIII 1 SMP Negeri 1
Bambel (Kutacane) Tahun Pelajaran 2021/2022 mengasilkan hasil yang baik
sesuai dengan yang di inginkan.