Research Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMBELI SALAK PADANGSIDEMPUAN DI PASAR TRADISIONAL KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author HASIBUAN, HASAN BASRI
dc.date.accessioned 2022-11-26T03:55:58Z
dc.date.available 2022-11-26T03:55:58Z
dc.date.issued 2022-11-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19843
dc.description.abstract Penilitan ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen salak Padangsidempuan, proses pengambilan keputusan pembelian salak Padangsidempuan, untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut salak Padangsidempuan serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap salak Padangsidempuan dari dimensi kualitas produk di pasar tradisional Kota Medan. Adapun jenis penelitian menggunakan deskriptif, kuantitatif dan kualitatif. Penentuan lokasi pada penelitian ini adalah purposive di pasar tradisional Kota Medan. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Penarikan jumlah sampel yakni sebanyak 30 responden konsumen salak Padangsidempuan di pasar tradisonal Kota Medan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis konjoin, uji instrumen, dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian ini karakteristik responden konsumen salak Padangsidempuan pada lokasi penelitian adalah konsumen mayoritas berjenis kelamin perempuan, berusia 31-40 tahun, pendidikan terakhir SMA, bekerja sebagai wiraswasta, pendapatan sebesar >Rp. 5.000.000 dan status sudah menikah. Adapun proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli salak Padangsidempuan berdasarkan aspek pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, dan keputusan pembelian serta perilaku konsumen pasca pembelian. Berdasarkan hasil analisis konjoin yang telah dilakukan dalam penelitian ini maka preferensi konsumen terhadap atribut salak Padangsidempuan yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian salak Padangsidempuan adalah atribut harga, rasa, ukuran, tekstur dan warna. Kemudian berdasarkan analisis faktor menggunanakan aplikasi SPSS yang dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen berdasarkan dimensi kualitas terhadap salak Padangsidempuan paling utama berturut-turut adalah kekuatan, konformasi, keandalan, estetika, pelayanan, keistimewaan, kinerja dan kualitas. en_US
dc.subject Salak Padangsidempuan en_US
dc.subject preferensi en_US
dc.title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMBELI SALAK PADANGSIDEMPUAN DI PASAR TRADISIONAL KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account