Abstract:
Penilitan ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen salak
Padangsidempuan, proses pengambilan keputusan pembelian salak
Padangsidempuan, untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut salak
Padangsidempuan serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
preferensi konsumen terhadap salak Padangsidempuan dari dimensi kualitas
produk di pasar tradisional Kota Medan.
Adapun jenis penelitian menggunakan deskriptif, kuantitatif dan kualitatif.
Penentuan lokasi pada penelitian ini adalah purposive di pasar tradisional Kota
Medan. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Penarikan
jumlah sampel yakni sebanyak 30 responden konsumen salak Padangsidempuan di
pasar tradisonal Kota Medan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif, analisis konjoin, uji instrumen, dan analisis faktor.
Berdasarkan hasil penelitian ini karakteristik responden konsumen salak
Padangsidempuan pada lokasi penelitian adalah konsumen mayoritas berjenis
kelamin perempuan, berusia 31-40 tahun, pendidikan terakhir SMA, bekerja
sebagai wiraswasta, pendapatan sebesar >Rp. 5.000.000 dan status sudah menikah.
Adapun proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli salak
Padangsidempuan berdasarkan aspek pengenalan kebutuhan, pencarian informasi,
evaluasi alternatif, dan keputusan pembelian serta perilaku konsumen pasca
pembelian.
Berdasarkan hasil analisis konjoin yang telah dilakukan dalam penelitian
ini maka preferensi konsumen terhadap atribut salak Padangsidempuan yang paling
dipertimbangkan dalam keputusan pembelian salak Padangsidempuan adalah
atribut harga, rasa, ukuran, tekstur dan warna. Kemudian berdasarkan analisis
faktor menggunanakan aplikasi SPSS yang dapat diketahui faktor-faktor yang
mempengaruhi preferensi konsumen berdasarkan dimensi kualitas terhadap salak
Padangsidempuan paling utama berturut-turut adalah kekuatan, konformasi,
keandalan, estetika, pelayanan, keistimewaan, kinerja dan kualitas.