Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang
dilakukan UD. Dapur Mama Rani dalam meningkatkan volume penjualan, Untuk
mengetahui pemasaran yang telah dilakukan Dapur Mama Rani dan untuk
menganalisis analisis SWOT pada Dapur Mama Rani. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif
dengan menggunakan analisis SWOT. Metode analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang
dilakukan adalah dengan menganalisis lingkungan internal (kekuatan dan
kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman). Berdasarkan hasil penelitian
tentang analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan roti
pada Dapur Mama Rani menggunakan analisis SWOT menunjukkan bahwa
perusahaan berada di posisi IV yang artinya tumbuh dan berkembang
penggabungkan nilai dari IFAS 3,58 dan nilai EFAS 2,84. Strategi pemasaran
yang diterapkan oleh dapur mama rani adalah memanfaatkan kemajuan teknologi
dengan lebih mengaktifkan website, melakukan promosi melalui media sosial
seperti facebook, instagram, whatshapp dan tiktok, membuka cabang baru,
merekrut karyawan khusus mengelola media sosial, menjaga harga jual tetap
tercapai serta tetap mengikuti tren selera masyarakat.