Abstract:
Opini timbul sebagai hasil pembicaraan tentang masalah yang kontroversial
yang menimbulkan pendapat berbeda-beda. Opini publik merupakan
pendapat masyarakat dari yang diperoleh dari suatu diskusi sosial dari pihak
yang memiliki kaitan kepentingan. Setiap manusia berhak mengeluarkan
pendapat tentang suatu hal seperti pengetahuan, peristiwa, yang baru-baru ini
terjadi kelangkaan salah satu barang sembako, yaitu minyak goreng.
Kelangkaan dapat diartikan sebagai, terbatasnya sumber daya, sehingga
mengakibatkan kebutuhan manusia tidak tercukupi. Makin meningkatnya
tekanan jumlah penduduk, mengakibatkan masyarakat holikultura makin
memerhatikan pemilikan tanah serta makin kokohnya jiwa egoisme pribadi
sehingga menghilangkan apa yang disebut sebagai "pemilikan
bersama".Opini masyarakat cenderung merasa masih belum cukup untuk
memenuhi kebetuhan dalam beberapa waktu kedepan. Dapat disimpulkan
bahwa jawaban responden masyarakat Desa Lau Dendang Dusun IX
mengetahui adanya kelangkaan tersebut namun tidak banyak yang tau tentang
penyebab terjadinya kelangkaan tersebut. Masyarakat juga terlalu hectic
dengan minyak goreng sehingga terjadinya Panic Buying. Pada penelitian ini
teori yang digunakan adalah Teori Skartsitas (kelangkaan) dan dengan
menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa masyarakat Dusun IX Lau Dendang telalu hectic
minyak goreng sehingga menyebabkan peningkatan kelangkaan.