Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan menganalisis Model Kepemimpinan
Kepala Sekolah pada MAN 2 Subulussalam. (2) Mengetahui dan menganalisis model
kepemimpinan yang bisa di terapkan pada sekolah MAN 2 Subulussalam. dan (3)
Mengetahui dan menganalisis peningkatan mutu pendidikan setelah penerapan model
kepemimpinan di terapkan pada MAN 2 Subulussalam. Teknik pengumpulan data pada
penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatf melalui reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa :
(1) Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada MAN 2 Subulussalam, Kepala sekolah
MAN 2 Subulussalam menerapkan model kepemimpinan situational. (2) implementasi dari
model kepemimpinan yang di terapkan oleh kepala sekolah MAN 2 Subulussalam ini
memiliki 3 prinsip dalam hal Peningkatan Mutu Pendidikan pada Sekolah MAN 2
Subulussalam yaitu : (1) Kerjasama antara Kepala Sekolah dan guru, (2) displin (3) Adanya
Partisipasi. setelah penerapan model kepemimpinan pada MAN 2 Subulussalam diterapkan
banyak perubahan yang terjadi pada lingkungan sekolah,seperti perubahan dalam hal
budaya islami yang membuat siswa tersebut lebih giat dalam hal keagamaan sehingga guru
dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pendidikan
pada MAN 2 Subulussalam