Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kecerdasan interpersonal yang
dimiliki siswa dalam lingkungan belajar ataupun lingkungan sekolah dan dalam
menerapkan proses pembelajaran kurangnya penggunaan media yang diterapkan
oleh guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan
interpersonal dengan menerapkan media Series Animasi Nussa dan Rara. Metode
penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 106812 Bandar Klippa yang terdiri
dari 2 kelas dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Variable bebas adalah Media Series Animasi Nussa dan Rara sedangkan variable
terikat yaitu Kecerdasan Interpersonal siswa. Pengujian hipotesis dilakukan
menggunakan uji t (Independent Sampel T-Test), yang sebelum itu juga dilakukan
pengujian uji normalitas dan homogenitas. Hasil dari penelitian ini mendapatkan
nilai sig. 2- tailed sebesar 0,000 dimana < dari 0,05. Maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan media series animasi nussa dan rara
terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SD Negeri 106812 Bandar
Klippa.