Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis SWOT Dalam
Penentuan Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pada PT. BPRS Al-Washliyah.
Bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada PT. BPRS Al
Washliyah dan bagaimana sistem penentuan Analisis SWOT dalam strategi
pemasaran produk pembiayaan pada murabahah.
Jenis data yang digunakan dalam pelitian ini adalah data kualitatif sedagkan
sumber data adalah data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini dilakukan degan menggunakan wawancara, dokumentasi dan studi
pustaka. Teknik analisi data yang digunakan pada penelitian ini ialah deskriptif
analisis. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan serangkaian pertanyaan
kepada Staff Pembiayaan di PT. BPRS Al-Washliyah.
Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT.
BPRS Al-Washliyah selalu menggunakan bauran pemasaran 4p, yang meliputi
strategi produk, strategi harga, strategi lokasi, strategi promosi, periklanan, dan
personal selling. Dikombinasi dengan media lain seperti sarana promosi melalui
media cetak brosur, spanduk, harian surat kabar, radio dan melakukan seminar
promosi ke berbagai instansi/perusahaan serta personal selling.
Hasil analisis SWOT menyebutkan bahwa BPRS Al- Washliyah sudah bisa
berani bersaing di pasar persaingan yang kompetitif. Hasil analisis SWOT nya pun
hampir memiliki kesamaan dengan BPRS pada umumnya. Berdasarkan analisis
matriks SWOT, pengembangan strategi pemasaran produk murabahah yang bisa
dilakukan oleh BPRS Al-Washliyah yaitu dengan memanfaatkan kekuatan dan
peluang yang ada, serta meminimalkan kelemahan dan ancaman.