Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa dalam mengembangkan kreativitas dan imajinasinya untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan kemampuan menulis cerpen siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Instrument pada penelitian ini adalah lembar observasi. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV SD Muhammadiyah 03 Medan yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 72 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas maka diperoleh kelas IV A Plus yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B Reguler yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Talk Write dan variabel terikat adalah kemampuan menulis. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t (Independent Sampel T-Tes), yang didahului dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian dengan menggunakan uji-t mendapatkan nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Berarti 0,000 < 0.05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 03 Medan.