Abstract:
Poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain poster iklan layanan masyarakat “Ayo Vaksin” yang diterbitkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Batu Bara dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce dalam membangun kesadaran masyarakat tentang vaksinasi. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemerintah daerah perlu menggerakkan masyarakat tentang vaksinasi agar terhindar dari covid-19. Protokol Kesehatan saat ini sudah menjadi kebiasaan baru di masyarakat, kebiasaan baru ini harus terus di sebar luas agar masyarakat semakin paham manfaat dari protokol kesehatan terutama bagi masyarakat yang masih acuh tak acuh dengan pandemi covid-19.