Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
strategi pembelajaran saintifik terhadap keterampilan siswa dalam
mengklasifikasikan pada materi benda dan sifatnya kelas 5 SD Swasta Balerina
School. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. Sampel
pada penelitian ini adalah siswa kelas 5A SD Swasta Balerina School yang
berjumlah 20 orang terdiri dari 11 siswa Laki-laki dan 9 Siswi Perempuan. Dalam
penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu variabel Bebas (X) Strategi
Pembelajaran Saintifik dan variable Terikat (Y) Keterampilan Siswa. Instrumen
pada penelitian ini yaitu Lembar observasi keterampilan proses siswa yang diisi
oleh Observer. Hasil penelitian ini diperoleh nilai Thitung = 54,096 lebih besar
daripada nilai Ttabel = 2,878 dengan formulasi perbandingan Thitung = 54,096 >
Ttabel = 2,878. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara
Strategi pembelajaran saintifik terhadap keterampilan siswa pada materi benda
dan sifatnya kelas 5 SD Swasta Balerina School. Dan hasil nilai rata – rata yang
diperoleh 70,75. Maka dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh Strategi
pembelajaran saintifik terhadap keterampilan siswa dalam mengklasifikasikan
pada materi benda dan sifatnya kelas 5 SD Swasta Balerina School sebesar 71 %.