Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknologi Informasi Dan
komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Online di Aplikasi Tokopedia
Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Masalah dalam
penelitian ini adalah apakah Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pemasaran
berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Online di Aplikasi Tokopedia pada
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasi penelitian ini
dibatasi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sudah pernah berbelanja
di aplikasi Tokopedia, sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuisioner yang diuji validitas dan
reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi
klasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa secara
parsial Teknologi Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian Online, secara parsial Komunikasi Pemasaran berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian online, serta secara simultan Teknologi
Informasi Dan Komunikasi Pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian online di Aplikasi Tokopedia pada Mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Nilai R-Square sebesar 0,525 atau 52,2%
menunjukkan kontribusi teknologi informasi dan komunikasi pemasaran terhadap
keputusan pembelian online.