Research Repository

PENERAPAN LAYANAN INFORMASI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN RASA EMPATI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author DEWI, RIKA SANTIKA
dc.date.accessioned 2022-11-23T08:02:14Z
dc.date.available 2022-11-23T08:02:14Z
dc.date.issued 2022-11-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19635
dc.description.abstract Banyak terjadi dilapangan tepatnya di SMP Muhammadiyah 07 Medan siswa kurang memiliki sikap empati terhadap teman sebaya maupun guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan informasi dengan media audio visual untuk meningkatkan rasa empati pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan guru bimbingan konseling serta siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN dengan jumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa empati siswa, mulai dari merasakan apa yang orang lain rasakan, memikirkan apa yang orang lain pikirkan, serta mengurangi keegoisan. Layanan informasi merupakan layanan bimbingan yang memungkinkan siswa dan pihak lain yang dapat memberikan pengaruh yang besar kepada siswa dalam menerima dan memahami informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan sehari-hari sebagai pelajar, anggota keluarga, dan masyarakat. Empati merupakan akar kepedulian dan kasih sayang dalam setiap hubungan emosional anak dalam upayanya untuk menyesuaikan. Yang artinya Empati akan mendorong kita untuk dapat melihat masalah dengan lebih jelas dan objektif dalam menyelesaikannya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Layanan Informasi merupakan upaya bantuan terhadap siswa yang dilaksanakan dalam situasi klasikal serta mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada diri siswa; (2) Ketika siswa diberikan layanan Informasi dengan waktu yang cukup efektif, tampak siswa mengalami perubahan perilaku yang lebih baik; dan (3) Pada penerapan layanan Informasi menggunakan media audio-visual terlihat adanya peningkatan rasa empati siswa, mulai dari merasakan apa yang orang lain rasakan, memikirkan apa yang orang lain pikirkan, serta mengurangi keegoisan. en_US
dc.subject Layanan Informasi en_US
dc.subject Empati en_US
dc.title PENERAPAN LAYANAN INFORMASI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN RASA EMPATI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account