Abstract:
Banyak terjadi dilapangan tepatnya di SMP Muhammadiyah 07 Medan siswa
kurang memiliki sikap empati terhadap teman sebaya maupun guru. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan informasi dengan media audio
visual untuk meningkatkan rasa empati pada siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 07 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan guru bimbingan konseling
serta siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan. Objek penelitian ini adalah
siswa kelas VII-1 SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN dengan jumlah 6
orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa empati siswa, mulai dari
merasakan apa yang orang lain rasakan, memikirkan apa yang orang lain pikirkan,
serta mengurangi keegoisan. Layanan informasi merupakan layanan bimbingan
yang memungkinkan siswa dan pihak lain yang dapat memberikan pengaruh yang
besar kepada siswa dalam menerima dan memahami informasi yang dapat
digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan sehari-hari
sebagai pelajar, anggota keluarga, dan masyarakat. Empati merupakan akar
kepedulian dan kasih sayang dalam setiap hubungan emosional anak dalam
upayanya untuk menyesuaikan. Yang artinya Empati akan mendorong kita untuk
dapat melihat masalah dengan lebih jelas dan objektif dalam menyelesaikannya.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Layanan Informasi
merupakan upaya bantuan terhadap siswa yang dilaksanakan dalam situasi
klasikal serta mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada diri siswa;
(2) Ketika siswa diberikan layanan Informasi dengan waktu yang cukup efektif,
tampak siswa mengalami perubahan perilaku yang lebih baik; dan (3) Pada
penerapan layanan Informasi menggunakan media audio-visual terlihat adanya
peningkatan rasa empati siswa, mulai dari merasakan apa yang orang lain rasakan,
memikirkan apa yang orang lain pikirkan, serta mengurangi keegoisan.