Abstract:
Permasalahan yang terjadi saat penelitian yakni dalam proses pembelajaran guru
sudah memanfaatkan buku paket yang disediakan oleh pihak sekolah. Tetapi guru
belum mengembangkan LKPD secara mandiri yang berbasis HOTS. Oleh sebab
itu, salah satu cara yang dilakukan mengembangkan LKPD yang dapat
mendukung pengetahuan peserta didik dan dirancang agar dapat berpikir tingkat
dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu peneliti
memikirkan untuk mengembangkan LKPD berbasis HOTS. Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui kevalidan LKPD yang dikembangkan, untuk mengetahui
kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan menggunakan
metode RnD yang mengarah pada model ADDIE. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil
data nilai yang diperoleh dari validasi ahli media 84,8% dengan kategori valid,
ahli materi 83,2% dengan kategori valid, dan pemerolehan nilai dari peserta didik
97,5% dengan kategori valid. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa LKPD berbasis
HOTS yang sudah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar saat belajar
mengajar disekolah.