Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi tentang strategi komunikasi pemasaran objek
wisata di Kabupaten Deli Serdang, dimana strategi komunikasi pemasaran
digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran
mengenai keberadaan produk di pasar 5 jenis promosi (bauran promosi) yaitu iklan
(advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales
promotion), hubungan masyarakat dan publisitas (publicity and public relation),
serta pemasaran langsung (direct marketing). Khususnya di Kabupaten Deli
Serdang sendiri juga memiliki beberapa objek wisata yang sangat di minati oleh
wisatawan. Peneliti mengambil salah satu objek wisata di Kabupaten Deli Serdang
untuk di teliti yaitu Pasar Kamu (Pekan Sarapan Karya Anak Muda) yang
bertepatan di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu. Menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan melakukan pengunjungan ke Dinas Kebudayaan,
Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Deli Serdang dan Objek Wisata Pasar
Kamu. Teknik analisis data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Penelitimenyimpulkan bahwa strategi
pamesaran yang digunakan oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta
Pariwisata ialah menggunakan strategi BAS (Branding, Advertising, Selling),
media yang digunakan dalam mempromosikan objek wisata Deli Serdang
menggunakan media cetak, media elektronik dan media online. Yang memiliki
tujuan/target pasar yang jelas untuk setiap objek wisata yang mereka punya.