Abstract:
Penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran model
sentra dalam pelajaran PAI di Yayasan Avicenna Childhood, untuk
mengetahui pandangan peserta didik tentang model pembelajaran Sentra
dan untuk mengetahui perkembangan peserta didik dari hasil observasi
Raport/Webbing.
Pada penelitian ini pula memakai metode kualitatif deskriptif, yang
bersifat uraian dari hasil wawancara dan studi dokumentasi, yang
mengambil dari pendapat Miles and Hubberman, seperti : Koleksi data,
reduksi data, penyajian data dan menarik hasil kesimpulan. Keabsahan
data dilakukan untuk membuktikan apakah penelitian yang dilakukan
benar-benar merupakan kualitatif meliputi uji, credibility, transferability,
dependability, dan confirmability.
Penerapan pembelajaran model Sentra pada Yayasan Avicenna
Childhood terlihat bahwa Sentra yang diterapkan yang berkaitan dengan
Agama Islam yaitu : Sentra Qur’an/Hadits, Sentra Arabic, Sentra Drama
dan Sentra Science. Dilihat dari hasil Raport/Webbing perkembangan
peserta didik bervariasi, peran guru dan orang tua sangat penting untuk
menstimulasi dalam perkembangan anak, butuh bimbingan dengan
mencontohkan yang baik demi menciptakan generasi yang baik pula
dengan lebih utama memperhatikan akhlakul karimah sesuai ajaran
Islam.