Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi public
relations Qubic Ball dalam membangun identitas digital agency. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori public relations.Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dua
orang informan dalam penelitian. Informan dalam penelitian ini yaitu owner dan
public relations Qubic Ball. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian
ini yaitu dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, kesimpulan dan
verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi public relations Qubic
Ball dalam membangun identitas digital agency yaitu dengan melakukan Four
Steps Model of the Public Relations yaitu mendefenisikan masalah (defining
public relations), perencanaan dan pemrograman (planning and programming),
mengambil tindakan dan berkomunikasi (taking action and communicating), dan
evaluasi program (evaluating the program). Beberapa hal yang memberikan
kontribusi positif terhadap identitas sebuah perusahaan yaitu sebuah visi yang
menginspirasi, nama dan logo, serta konsistensi yang berhasil mempertahankan
dengan baik identitas digital agency yang telah lama dibangun.