Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meniimgkatkan kualitas hafalan Al-Quran
siswa dengan Motivasi Eksternal yang diberikan Oleh orang tua, guru, teman dan
lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis
penelitian Eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
observasi, angket dan dokumentasi dan Teknik analisis data menggunakan uji
validitas, uji normalitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan uji t
(persial). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengaruh
Motivasi Eksternal terhadap Kualitas Hafalan Al-Quran dilihat dari hasil
penelitian yang didapat adalah Tingkat Motivasi Eksternal yang diterima siswa
kelas XI Madrasah Aliyah Tahfdzil Quran Medan tergolong baik dengan nilai rata rata 105,91dan Tingkat Kualitas Hafalan Al-Quran siswa kelas XI Madrasah
Aliyah Tahfizhil Quran Medan tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 89,10