Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangin oleh kondisi pasar di pasar pembangunan Deli
Serdang yang kerap mendapat sorotan oleh warga sekitar karena dianggap
tidak terkelola dengan baik dari keluhan itu sampai kepihak pengelola melalui
para pedagang yang kerap mendapat keluhan dari para pembeli. Setelah
sampai di telinga pihak pengelola, barulah mereka mulai berbenah secara
perlahan. Pihak pengelola mendengarkan dengan baik saran dan kritik dari
para warga, yang alhasil para warga pun turut senang karena mendapat respon
baik dari pihak pengelola. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana
strategi komunikasi pemasaran yang digunakan dalam mengelola keluhan
pelanggan di pasar pembangunan Deli Serdang. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini antara lain adalah teori komunikasi pemasaran. Jenis penelitian
ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif, sedangkan metode
penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif kualitatif, Teknik
sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Informan dalam
penelitian ini sebanyak tiga orang, yaitu , Nelly , Arif, dan Budiman. Lokasi
Penelitian nya adalah di Jalan Pembangunan, Kel. Payageli, Kec. Sunggal,
Deli Serdang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis
data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan
pedagang dan pihak pengelola berlangsung secara efektif, yaitu dengan
melakukan pedekatan persuasive, melakukan pemenahan, memberikan
kenyamanan dan keamana kepada para pelanggan.