Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar ikan kembung di
Desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu melalui pendekatan struktur perilaku dan
kinerja pasar dan juga untuk mengetahui pemasaran ikan kembung di Desa
Kelambir Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Lokasi penelitian ini
diambil di Desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang.
Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study) yaitu
penelitian yang digunakan dengan melihat langsung permasalahan yang timbul di
daerah penelitian. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 65 nelayan aktif, 7
pedagang pengumpul, dan 17 pedagang pengecer. Metode penelitian yang
digunakan adalah struktur pasar yang dianalisis dengan market share, konsentrasi
pasar, hambatan keluar masuk pasar, dan jenis pasar, perilaku pasar yang
dianalisis dengan penentuan harga, kerjasama antar lembaga pemasaran, dan
saluran pemasaran, dan kinerja pemasaran yang dianalisis dengan margin
pemasaran, farmer share, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pasar bersifat oligopsoni, nelayan merupakan penerima harga. Terdapat
satu saluran pemasaran, margin pada pemasaran tersebut adalah 16.000. Farmer
share (bagian yang diterima nelayan) yaitu berjumlah 42,85%. Efesiensi
pemasaran yaitu berjumlah 7,83%.