Abstract:
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif
dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A UPTD SDN Sei Suka Deras
Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara TA. 2021-2022yang data-datanya
diperoleh melalui observasi (pengamatan langsung), wawancara dengan
narasumber serta dokumentasi. Selanjutnya data akan dianalisis menggunakan
analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, efektivitas strategi
cloze story mapping (csm) dalam meningkatkan keterampilan berbicara Siswa
pada Kelas 4-A UPTD SDN Sei Suka Deras Kecamatan Sei Suka Kabupaten
Batubara TA. 2021-2022 menunjukan hasil belajar yang lebih baik sebelum
menggunakan strategi cloze story mapping (CSM) dalam mempelajari teks
petunjuk melakukan sesuatu dengan tema “bertelepon”. Efektivitas strategi cloze
story mapping (CSM) terlihat dari antusias serta mampu berkomunikasi, baik
antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa yang membuat perhatian
siswa terfokus dan mudah memahami pembelajaran serta menyimpulkan
pembelajaran. Kedua, tingkatan respon siswa terhadap efektivitas strategi cloze
story mapping (csm) dalam meningkatkan keterampilan berbicara di UPTD. SD
Negeri 12 Sei Suka Deras didukung oleh faktor-faktor yang meliputi: faktor guru,
faktor prasarana dan sarana, faktor minat siswa dan faktor perhatian siswa
sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya alokasi waktu dalam
penyampaian materi yang menggunakan Strategi Cloze Story Mapping (CSM).