Research Repository

Penerapan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa Kelas VIII MTS Islamiyah

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniayati, Fitri
dc.date.accessioned 2020-03-04T13:47:54Z
dc.date.available 2020-03-04T13:47:54Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1951
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan perilaku kekerasan non verbal siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi lima belas pertanyaan yang terdiri dari angket layanan bimbingan kelompok dan pertanyaan untuk angket perilaku kekerasan non verbal. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP AN-NADWA yang berjumlah 15 siswa dan kelas IX-2 SMP AN-NADWA yang berjumlah 25 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan perilaku kekerasan non verbal di sekolah dan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap perilaku kekerasan non verbal. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mengetahui hubungan variable bebas (layanan bimbingan kelompok ) dengan variable terikat (perilaku kekerasan non verbal). Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup. Hasil analisis korelasi termasuk dalam kategori interpretasi agak rendah, mengemukakan ada hubungan positif antara layanan bimbingan kelompok dengan perilaku kekerasan non verbal siswa, 𝑟β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 0,501 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 0,444 dan hal ini dapat dipahami bahwa 𝑟β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 0,501 > 0,444 berarti ada hubungan antara variabel X dan variabel Y. Sedangkan nilai uji 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 2,45 sedangkan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,45 hal ini menunjukan ada hubungan signifikan antara kegiatan pendukung bimbingan konseling dengan minat membaca siswa karena 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,45 > 2,10. Ternyata (𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 ) Maka Ha diterima dan Ho di tolak, sehingga ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku kekerasn non verbal siswa kelas IX SMP AN-NADWA ISLAMIC CENTRE Tahun Pembelajaran 2016/2017 en_US
dc.subject Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Perilaku Kekerasan Non Verbal en_US
dc.title Penerapan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa Kelas VIII MTS Islamiyah en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account