Research Repository

Penerapan Layanan Bimbingan Konseling Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Tamansiswa Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Oktari, Vera
dc.date.accessioned 2020-03-04T13:36:49Z
dc.date.available 2020-03-04T13:36:49Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1948
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Layanan Bimbingan Koneling untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) dengan model siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 70 siswa, sedangkan objek penelitian ini diambil 15 orang siswa yang mengalami perilaku prokrastinasi akademik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan konseling untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Medan dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus I peneliti membuka layanan penguasaan konten dengan melakukan pengenalan diri baik oleh peneliti juga oleh para siswa peserta layanan penguasaan konten, kemudian menjelaskan materi tentang managemen waktu, kegiatan layanan penguasaan konten dilakukan selama 40 menit, kemudian melakukan evaluasi dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Namun pada siklus I hasil penelitian masih kurang memuaskan maka dilanjutkan pada siklus II dengan melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang dilakukan peneliti pada siklus II. Setelah melakukan siklus II, peneliti melakukan evaluasi dan penyimpulan bahwa penerapan layanan penguasaan konten mampu mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Penerapan layanan penguasaan konten pada siklus I, siswa yang berjumlah 15 orang yang menjadi objek penelitian ini meningkat dari 10 orang siswa yang mengalami perubahan dan 5 orang siswa yang masih belum berubah secara optimal. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II yang hasilnya menunjukan adanya perubahan 14 orang siswa dan 1 orang siswa yang belum mengalami perubahan secara optimal. Dengan demikian penerapan layanan bimbingan konseling untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017, dengan catatan dilakukan secara teratur, sistematis, serta terarah. en_US
dc.subject Bimbingan Konseling en_US
dc.subject Perilaku prokrastinasi akademik en_US
dc.subject Layanan penguasaan konten en_US
dc.title Penerapan Layanan Bimbingan Konseling Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Tamansiswa Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account